Rusinah Baskha. Powered by Blogger.

Tuesday, June 03, 2014

BELAJAR

I. ARTI PENTINGNYA BELAJAR

Belajar adalah usaha untuk
memperoleh kepandaian atau ilmu
pengetahuan. Balajar juga dapat
diartikan sebagai kegiatan berlatih.Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Perubahan tingkah laku dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu disebut belajar.

II. PRINSIP-PRINSIP BELAJAR

Tugas utama seorang siswa adalah belajar. Oleh karena itu kita harus belajar dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang siswa harusmengetahui prinsip-prinsip belajar, antara lain :

1) Untuk belajar kita membutuhkan
dorongan atau motivasi.
Dorongan itu ada yang dating dari dalam maupun dari luar diri sendiri. Dorongan dari dalam antara lain keinginan untuk lebih maju, cita- cita yang akan diraihnya. Sedangkan dorongan dari luar misalnya adanya
system rengking di kelas, karena
pujian, takut mendapat malu dan sebagainya.
2) Untuk dapat belajar baik kita
harus memusatkan perhatian pada
hal-hal yang sedang kita pelajari.
Hal yang dapat mengganggu
pemusatan perhatian adalah pikiran
yang tertuju pada hal-hal yang
mungkin sedang mempengaruhi
perasaan seperti kesedihan, patah
hati, kemarahan, iri hati,
kebencian, dll.
3) Kita harus berusaha untuk
mengerti lebih dulu yang kita
pelajari sebelum menghapal. Hal
yang dimengerti akan lebih mudah
untuk dihapa.
4) Untuk dapat mengerti sesuatu
yang dipelajari dapat ditempuh
dengan cara :
a) Menanyakan pada diri sendiri
mengenai hal yang kita pelajari
b) Membuat ringkasan atau skema
untuk memudahkan memahami
c) Mencoba menghubungkan dengan
masalah yang lebih besar dan
menyeluruh
d) Mencoba menelaah dari berbagai
macam segi agar menjadi lebih jelas.
e) Mencoba menyusun singkatan
(jembatan keledai) untuk hal-hal
yang panjang sebagai rumus.
Misalnya nama keluarga Matahari
menjadi MERCVEM Yang Sangat Ulung
Nan Pandai :
Merc = Mercurius
V = Venus
E = Earth
M = Mars
Yang = Yupiter
Sangat = Saturnus
Ulung = Uranus
Nan = Neptunus
Pandai = Pluto
f) Untuk lebih memantapkan hal yang
kita pelajari disekolah sebaiknya
jangan merasa cukup hanya
mendengarkan penjelasan guru di
sekolah. Setibanya di rumah perlu
dibaca kembali dan melengkapi
dengan ringkasan skema.
5) Kita harus meyakini bahwa semua
pelajaran yang diterima akan
berguna bagi kita nanti, walaupun
kita sudah tidak sekolah lagi.
6) Agar yang kita pelajari lebih
meresap adalah dengan beristirahat
untuk mengedapankan semua hal
yang sudah diperoleh dari belajar.
7) Hasil belajar yang sudah kita
peroleh dapat digunakan untuk
mempelajari yang lain. Missal pola
Bahasa Indonesia untuk mempelajari
bahas asing.
8) Menghindari hal-hal yang dapat
menghambat belajar, seperti
perasaan takut, malu, marah, kesal,
dsb.
III. CARA BELAJAR
1) Belajar di sekolah
Sekolah merupakan lembaga
pendidikan yang mempunyai tugas
dan fungsi menyelenggarakan proses
belajar untuk mencapai tujuan
pendidikan. Untuk mencapai tujuan
pendidikan siswa perlu memahami
hal-hal sebagai berikut :
a) Siswa harus memahami tujuan
pendidikan
b) Siswa harus memiliki sifat
terbuka, artinya dapat menerima
guru sebagaimana adanya.
c) Siswa harus mempelajari dan
menyiapkan alat pelajaran untuk
esok harimya.
d) Siswa harus penuh minat dan
perhatian dalam menerima pelajaran
dan menyingkirkan hal yang
mengganggu konsentrasi dalam
menerima pelajaran.
e) Siswa hendaknya bersikap kritis
dalam menerima pelajaran
f) Siswa harus memiliki dorongan dan
semangat yang kuat untuk maju,
memiliki sifat ingin tahu dan ingin
menguasai ilmu pengetahuan.
g) Siswa hendaknya menghindari
sifat malu bertanya untuk meminta
penjelasan mengenai hal-hal yang
kurang dipahami.
h) Sisa harus berusaha untuk
mencapai nilai yang setinggi-
tingginya dengan prestasi sendiri
tanpa menggantungkan dengan orang
lain.
i) Siswa harus mengikuti pelajaran
dengan aktif, artinya siswa tidak
hanya mendengarkan tapi juga
berinisiatif dalam memahami
pelajaran dengan membuat catatan
yang perlu.
j) Setibanya dirumah, siswa harus
mengulangi kembali hasil pelajaran
yang dipelajari di sekolah.
2) Belajar dirumah
Siswa dalam menuntut ilmu harus
melakukan konsentrasi dalam
belajar. Untuk dapat belajar
dirumah secara baik hendaknya
memilih waktu dan tempat yang
tepat serta nyaman. Meja dan
tempat duduk yang kurang enak
dapat mengganggu konsentrasi dalam
belajar.
Siswa perlu dan harus belajar di
rumah setiap hari dalam waktu
tertentu bukan terus menerus tanpa
henti.
3) Belajar berkelompok
Belajar dalam berkelompok banyak
sekali manfaatnya. Siswa yang belum
memahami sesuatu hal dapat
memperoleh penjelasan teman yang
sudah paham. Sebaliknya siswa yang
sudah paham akan lebih mahir karena
ia mengutarakan hal yang sudah
diketahui.
Dalam kelompok belajar hendaknya
ada ketua kelompok dan dalam
pembentukan kelompok belajra perlu
memperhatikan jarak rumah dan
jumlah anggota kelompoknya.
IV. PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN
1) Pentingnya perpustakaan
Di setiap sekolah terdapat
perpustakaan, karena perpustakaan
merupakan sumber utama untuk
memperoleh bahan bacaan bagi
siswa. Di dalam perpustakaan
disediakan buku-buku yang
diperlukan siswa di sekolah.
Memang perpustakaan berarti
kumpulan buku-buku. Oleh karena
itu didalam perpustakaan disediakan
buku baik berupa buku pelajaran
maupun buku yang berhubungan
dengan ilmu pengetahun dan
teknologi. Buku-buku tersebut akan
memberikan wawasan yang lebih luas
kepada para siswa dan komponen
sekolah yang memanfaatkannya.
2) Cara Memanfaatkan Perpustakaan
Adanya perpustakaan harus
dimanfaatkan dengan sebaik-
baiknya. Untuk dapat memanfaatkan
perpustakaan perlu memperhatikan
hal-hal sebagai berikut :
a) Mengetahui jadwal kerja
perpustakaan
b) Mengetahui peraturan yang
berlaku di perpustakaan
c) Mengetahui tata cara menjadi
anggota perpustakaan. Hal ini
penting karena dengan menjadi
anggota perpustakaan maka dapat
memanfaatkan semua fasilitas yang
ada diperpustakaan.
d) Mengetahui system
pengelompokan buku yang digunakan
oleh perpustakaan tersebut.
Biasanya buku yang memiliki subyek
sama diletakan ditempat yang sama.
e) Mengetahui penggunaan kartu
catalog yang biasanya disusun
menggunakan alphabet nama
pengarang.
f) Pemahaman secara khusus
tentang cara meminjam dan
mengembalikan buku yang dapat
dibawa pulang.
g) Mulailah membaca buku di
perpustakaan dengan memulai judul
buku, nama pengarang, penerbit,
dan tahun terbit.
h) Bacalah buku tersebut dari
halaman pertama sampai dengan
halaman terakhir secara tepat.
i) Ulangi membaca buku dari bab ke
bab secara teliti sambil mengingat-
ingat.
j) Ulangi mebaca buku tersebut
secara pelan-pelan dari bab ke bab
sambil memeberi tanda pada kalimat
yang dianggap penting.
k) Salinlah kalimat yang telah diberi
tanda ke dalam buku catatan
l) Pahami dan atau hapalkan hasil
catatan tersebut hingga mengerti.
m) Buatlah pertanyaan dan jawaban
sebagai test diri (selftest) untuk
mengetahui letak kekurangan kita.
V. PEMANFAATAN WAKTU
1) Pentingnya Waktu
Sebagai manusia kita hidup dalam
lingkup ruang dan waktu. Kita hidup
dalam suatu ruang tertentu dan
dalam waktu tertentu yang harus
dimanfaatkan dengan sebaik-
baiknya. Ruang dan waktu dapat
dibedakan tetapi sulit untuk dapat
dipisahkan. Kita perlu
memperhatikan penggunaan waktu
yang kita miliki, sebab waktu yang
telah lewat tidak akan terulang
lagi. Tuhan telah menyediakan
waktu kepada kita untuk hidup, dan
kita perlu memanfaatkan waktu
hidup kita dengan sebaik-baiknya.
Siswa perlu memiliki motto bahwa
“Time is time, waktu adalah waktu.”
Waktu makan untuk makan, waktu
istirahat gunakan untuk istirahat,
waktu belajar gunakan untuk
belajar. Gunakan waktu luang
sebaik-baiknya. Tanpa
memperhatikan penggunaan waktu
maka hidup kita akan kacau dan
tanpa teratur. Banyak siswa kurang
dapat mengatur dan menggunakan
waktu dengan sebaik-baiknya,
akibatnya akan mengganggu dalam
belajar. Dalam hal ini sering terjadi
jika besok pagi akan ujian atau test
menjadi bingung belajar dengan alas
an tidak punya waktu. Hal ini karena
waktunya telah terbuang sia-sia
akibat tidak dapat menggunakan
waktu dengan baik.
2) Mengatur Waktu
Tidak dapat dipungkiri bahwa orang
berhasil mencapai sukses dalam hidup
adalah orang yang hidup teratur dan
berdisiplin menggunakan waktu.
Mereka mungkin pedagang,
politikus, ilmuwan, guru dan
karyawan yang disiplin dengan
waktu. Disiplin seperti ini tidak
datang dengan sendirinya akan
tetapi melalui latihan yang ketat
dan disiplin yang tinggi.
Oleh karena itu waktu yang tersedia
oleh siswa harus dimanfaatkan
dengan sebaik-baiknya. Setiap siswa
harus memiliki jadwal kegiatan
sehari demi sehari dan mentaatinya
dengan baiknya. Dengan membuat
jadwal kegiatan setiap hari dan
motto TIME IS TIME pasti akan
mempermudah mewujudkan harapan
dan cita-citanya.
VI. PENUTUP
Sekolah adalah lembaga pendidikan
temapat pendidikan tempat
berlangsungnya kegiatan pendidikan.
Dalam pelaksanaannya Kepala
dibantu oleh wakil kepala, guru mata
pelajaran, guru BP, karyawan dan
siswa.
Setiap siswa harus tunduk dan
mentaati tata tertib sekolah dalam
mengikuti kegiatan belajar
mengajar serta mau berperan serta
dalam melaksanakan memelihara dan
menjaga keamanan sekolah.
Agar siswa dapat berhasil dengan
baik maka setiap siswa harus belajar
dengan tekun dan teratur. Waktu
yang ada hendaknya digunakan
dengan sebaik-baiknya untuk
kerperluan belajar dan hal-hal yang
berguna demi masa depan siswa.
Masa depan hanya dapat dinikmati
oleh orang yang mau belajar.
0
Tidak ada komentar:
Poskan Komentar
TRISNO DHIANTORO, S. Pd.
Belajar, belajar dan belajar
Lihat profil lengkapku
Mengenai Saya

0 komentar:

Post a Comment

 

Find me on

Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Jumlah Viewer Sampai Saat ini: