FORMAT RPP PEMBELAJARAN MENDALAM
## **1. IDENTIFIKASI**
**a. Peserta Didik (Opsional)**
Kesiapan awal (pengetahuan, minat, latar belakang, kebutuhan)
**b. Materi Pelajaran (Opsional)**
Jenis pengetahuan, relevansi, tingkat kesulitan, integrasi nilai
**c. Dimensi Profil Lulusan**
Pilih dimensi sesuai tujuan pembelajaran:
* Keimanan & ketakwaan
* Kewargaan
* Kreativitas
* Penalaran kritis
* Kemandirian
* Kolaborasi
* Komunikasi
* Kesehatan
---
## **2. DESAIN PEMBELAJARAN**
**a. Capaian Pembelajaran (Opsional)**
**b. Topik Pembelajaran (Opsional)**
**c. Tujuan Pembelajaran**
Menggunakan kata kerja operasional dan mengacu pada kompetensi.
**d. Lintas Disiplin Ilmu (Opsional)**
**e. Praktik Pedagogis**
Metode: PjBL, PBL, Inkuiri, Kontekstual, dll.
**f. Lingkungan Pembelajaran**
Ruang belajar aman, nyaman, mendukung.
**g. Pemanfaatan Digital (Opsional)**
Video, LMS, forum daring, kuis online, dll.
**h. Kemitraan Pembelajaran (Opsional)**
Kolaborasi guru, siswa, orang tua, komunitas, DUDI, dll.
---
## **3. PENGALAMAN BELAJAR**
**a. Awal**
* Orientasi & apersepsi bermakna
* Motivasi yang menggembirakan
**b. Inti**
* **Memahami**: Membangun konsep dari berbagai sumber
* **Mengaplikasi**: Praktik nyata dalam kehidupan
* **Merefleksi**: Evaluasi diri, rencana tindak lanjut
**c. Penutup**
* Umpan balik, simpulan, dan perencanaan lanjutan
---
## **4. ASESMEN PEMBELAJARAN**
**3 Jenis Asesmen:**
* **As Learning**
(penilaian diri/sejawat)
* **For Learning**
(umpan balik selama proses)
* **Of Learning**
(hasil pembelajaran & tindak lanjut)
**Teknik & Instrumen:**
* Observasi, portofolio, penilaian proyek/produk
* Penilaian diri & sejawat
* Tes tulis/lisan, rubrik kinerja
---
0 komentar:
Post a Comment