Rusinah Baskha. Powered by Blogger.

Monday, March 06, 2023

Aku Suka Menulis

Aku suka menulis. Menulis adalah hal yang menyenangkan. Dengannya, aku dapat menyalurkan ide, gagasan, atau sekedar meluapkan rasa melalui serangkaian kata.

Aku mulai tertarik pada dunia tulis-menulis sejak berada di bangku Tsanawiyah. Waktu itu, ada tugas menulis puisi dari guru. Kata beliau, "Puisi yang bagus akan ibu pajang di mading sekolah" dan seminggu kemudian, puisiku dipajang di mading bersama puisi teman-teman lainnya.
Alhamdulillah. Dari situlah, aku bermimpi untuk menjadi penulis yang karya-karyanya bermanfaat untuk orang lain. Barangkali dengan tulisan sederhana kita dapat menginspirasi orang lain.
Nah, untuk meningkatkan semangat menulis ada tiga hal yang harus kita perhatikan. Pertama, tujuan. Tujuan adalah kunci utama supaya kita semangat untuk terus menulis misalnya ingin membuat buku, ingin memposting di blog / media sosial, mengikuti lomba, dan lain sebagainya.
Kedua, mengembangkan ide. Tulis apa saja yang terlintas di pikiran kira, tak perlu merisaukan apakah tulisan kita baik atau tidak, banyak dibaca orang ataukah tidak. Terus saja menulis, setelah selesai baru kita koreksi lagi.
Yang ketiga, memotivasi diri untuk terus menulis.Ini yang gampang-gampang susah. Kadang adakalanya dalam menulis, kita menemui situasi dimana kita mengalami kebuntuan atau writer's block. Disaat inilah motivasi diri itu penting. Ayo teman-teman kita menulis untuk mengembangkan literasi negeri ini.

0 komentar:

Post a Comment

 

Find me on

Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Jumlah Viewer Sampai Saat ini: