Rusinah Baskha. Powered by Blogger.

Thursday, April 06, 2023

Ciri-Ciri Modul Pembelajaran

Salah satu hal yang membedakan modul dengan bahan ajar lainnya adalah ciri-cirinya yang khas. Oleh sebab itu, pendidik wajib mengetahui ciri-ciri dari modul pembelajaran agar tidak salah ketika membuatnya. 

Seperti yang telah dijelaskan bahwa modul haruslah dibuat secara sistematis. Namun, sebenarnya ada ciri-ciri utama lainnya dari modul pembelajaran. Di antaranya: 

  • Self instructional 

Ciri-ciri self instructional maksudnya adalah modul dapat memberikan instruksi kepada siswa secara mandiri. Maksudnya adalah tanpa adanya pengajar pun siswa tetap dapat mempelajari materi pembelajaran yang diberikan. 

  • Self contained 

Self contained berarti materi yang disampaikan di dalam modul adalah materi yang sudah tersusun sesuai dengan unit kompetensi. Dengan demikian, pembahasan dari modul akan lebih efektif, menyeluruh, dan lengkap meskipun hanya tersaji di dalam satu buku. 

  • Stand alone 

Stand alone maksudnya adalah modul harus bisa tersusun dan dikembangkan tanpa adanya bantuan dari media lainnya, atau dengan kata lain penyusunannya harus benar-benar mandiri. 

Dengan demikian diharapkan para siswa yang mempelajari tidak merasa kesusahan dan kebingungan mencari media pendukung lainnya. 

  • Adaptif

Ciri-ciri lain dari modul adalah adaptif, artinya adalah modul harus bisa selalu relevan terhadap perkembangan apapun, baik zaman, teknologi, maupun ilmu pengetahuan. 

  • User friendly 

User friendly ini sifatnya adalah pembuatan modul harus memperhatikan pengalaman dari para pembacanya. Maksudnya adalah sebisa mungkin modul dibuat supaya tetap ramah terhadap para pembacanya atau disesuaikan dengan kondisi pembacanya.

Dengan demikian, modula akan lebih mudah dipahami dan lebih relevan terhadap para peserta didik. 

  • Konsisten

Kemudian, modul juga harus konsisten yang berarti teknik penulisan pada modul harus sesuai dengan apa yang telah dijelaskan di awal. Jadi ketika di awal menggunakan istilah tertentu, maka di isi dan di akhir pun juga harus tetap sama. 

Hal itu diharapkan supaya para pembaca tidak kebingungan dengan istilah-istilah lain yang berbeda. 

0 komentar:

Post a Comment

 

Find me on

Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

Jumlah Viewer Sampai Saat ini: